Gol Penalti Kontroversial Neymar Bawa Brasil Libas Uruguay 1-0

gol kontroversial neymar

topmetro.news – Dua tim Amerika Latin saling menjajal kemampuan di ajang Laga Persahabatan. Gol penalti kontroversial Neymar membawa Timnas Brasil melibas Uruguay 1-0 berlangsung, pada Sabtu (17/11/2018) dini hari WIB Stadion Emirates, London, Inggris. Gol tersebut yang dianggap seluruh pemain dan tim offisial Timnas Uruguay, tidak layak diberikan wasit kepada Brasil.

Sebab, menurut situs web BBC, penalti itu kontroversial. Vonis itu didapatkan setelah Danilo dilanggar Diego Laxalt di kotak terlarang. Protes sempat terjadi. Para pemain Timnas Uruguay menilai tindakan Laxalt bukanlah pelanggaran, tetapi wasit bergeming pada putusannya.

Kedua tim sebenarnya bermain ketat dan saling melakukan jual beli serangan. Akan tetapi, eksekusi penalti Neymar da Silva di babak kedua membuat Uruguay harus rela menerima kekalahan, dimenit ke-76.

Pertandingan dimulai dengan penguasaan bola yang lebih dulu dimiliki oleh para pemain Brasil. Tim Samba mendapatkan peluang pertamanya untuk bisa mencetak gol pada menit ketujuh kala Neymar da Silva mendapat hadiah tendangan bebas. Neymar sebenarnya mampu melengkungkan bola melewati dinding pemain. Sayangnya, sepakan Neymar masih terlalu lemah sehingga mudah dihentikan.

Brasil sebenarnya mampu membobol gawang Uruguay di menit ke-11. Akan tetapi, gol tersebut dianulir oleh wasit lantaran off-side. Felipe Luis dari sisi kiri melepaskan tembakan ke arah gawang. Meski begitu, wasit telah mendapati Neymar yang hendak menyambar bola berada dalam posisi off-side. Tak ayal, gol pun dianulir.

Uruguay sendiri bukannya tanpa perlawanan. Meski tak diperkuat sejumlah pemain terbaiknya, namun Uruguay tetap mencoba memetik kemenangan atas Brasil. Pada menit ke-22 Luis Suarez mendapat peluang mencetak gol usai memanfaatkan kesalahan Danilo. Kendati demikian, tendangan Suarez masih bisa ditepis oleh Alisson Becker.

Meski gagal berbuah gol, namun peluang tersebut membuat kepercayaan diri para pemain Uruguay meningkat. Beberapa kali mereka mengancam pertahanan Brasil. Sayangnya, hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kondisi tak banyak berubah. Brasil dan Uruguay tetap saling melancarkan serangan satu sama lain. Sayangnya, penyelesaian akhir yang tak maksimal, membuat gol urung tercipta. Seperti yang terjadi di menit ke-65 kala Neymar melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Meski begitu, bola masih bisa diselamatkan Martin Campana.

Di saat pertandingan berlangsung ketat, Diego Laxalt justru membuat kesalahan besar dengan menjatuhkan Danilo di kotak terlarang di menit ke-76. Wasit pun menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti untuk Brasil. Neymar yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan dan membawa Brasil unggul.

Hingga laga usai, Brasil dan Uruguay tetap bermain sengit. Akan tetapi. tak ada gol tambahan yang tercipta. Brasil pun pada akhirnya memenangkan pertandingan ini dengan skor 1-0. (TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment